Keindahan Masjid Kedua Terbesar di Asia Tenggara

Keindahan Masjid Kedua Terbesar di Asia Tenggara
Masjid Islamic Center Samarinda (Int)

KabarSamarinda.com-- Bangunan Masjid Islamic Center Samarinda (MICS) di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Masjid yang memiliki tujuh menara ini merupakan masjid termegah dan terbesar di Asia Tenggara setelah masjid Istiqlal.

Dengan posisi persis di tepian sungai dan jembatan Mahakam membuat Masjid ini kian elok dipandang. Siapa pun yang mengunjunginya akan terpana akan pesona Masjid di kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, itu. Pucuk-pucuk menara yang menjulang langit yang mengapit kubah besar berbentuk dome seakan mengokohkan kemegahan dan keindahan arsitektur Masjid ini.

Keindahan Masjid ICS tak luput dari mahakarya arsitektur bangunannya yang menawan. Masjid ini memiliki luas bangunan utama 43.500 meter persegi. Luas bangunan penunjang 7.115 meter persegi dan luas lantai basement 10.235 meter persegi. Sementara lantai dasar masjid seluas 10.270 meter persegi dan lantai utama seluas 8.185 meter persegi. Sedangkan luas lantai mezanin (balkon) adalah 5.290 meter persegi.

7 menara pencakar langit dengan ketinggian 99 meter yang berarti jumlah Asmaul Husna menjadi kekhasan Masjid ICS. Menara utama itu terdiri atas bangunan 15 lantai masing-masing lantai setinggi rata-rata 6 meter. Sementara, anak tangga dari lantai dasar menuju lantai utama masjid jumlahnya sebanyak 33 anak tangga. Jumlah ini sengaja disamakan dengan sepertiga jumlah biji tasbih.

Selain menara utama, bangunan ini juga memiliki 6 menara di bagian sisi masjid. Masing-masing 4 di setiap sudut masjid setinggi 70 meter dan 2 menara di bagian pintu gerbang setinggi 57 meter. Enam menara ini juga bermakna sebagai 6 rukun. Konon, untuk rancangan menara diilhami menara masjid Nabawi di Madinah Almukarromah, dan kubah utamanya diilhami masjid Haghia Sophia di Istanbul Turki.

Penulis : Redaksi

Editor : Nor Syakila